Sekilas tentang Brunei Darussalam

Negara Brunei Darussalam,
(bahasa Malaysia: Negara Brunei
Darussalam, Jawi: ﻲﻧﻭﺮﺑ ﺍﺭﺎڬﻧ
ﻡﻼﺴﻟﺍﺭﺍﺩ), adalah negara berdaulat
di Asia Tenggara yang terletak di
pantai utara pulau Kalimantan.
Negara ini memiliki wilayah seluas
5.765 km² yang menempati pulau
Kalimantan dengan garis pantai
seluruhnya menyentuh Laut Cina
Selatan. Wilayahnya dipisahkan ke
dalam dua bagian oleh negara bagian
di Malaysia yaitu Sarawak.
Saat ini, Brunei memiliki Indeks
Pembangunan Manusia tertinggi
ke-2 di Asia Tenggara setelah
Singapura, sehingga diklasifikasikan
sebagai negara maju. Menurut
Dana Moneter Internasional,
Brunei memiliki produk domestik
bruto per kapita terbesar ke-5 di
dunia dalam keseimbangan
kemampuan berbelanja. Sementara
itu, Forbes menempatkan Brunei
sebagai negara terkaya ke-5 dari
182 negara karena memiliki ladang
minyak bumi dan gas alam yang
luas.[8] Selain itu, Brunei juga
terkenal dengan kemakmurannya dan
ketegasan dalam melaksanakan
syariat Islam, baik dalam bidang
pemerintahan maupun kehidupan
bermasyarakat.
Daerah
Quote:
Brunei dibagi atas empat distrik:
1.) Belait
Belait adalah distrik (daerah)
terbesar di Brunei Darussalam,
dan merupakan distrik terbarat.
Ibukotanya adalah Kuala Belait.
Kota-kota utama lainnya adalah
Badas, Kerangan Nyatan, Labi,
Lumut, Seria, Sukang dan
Telingan.
Distrik ini berbatasan dengan Laut
China Selatan di utara, distrik
Tutong di timur dan Malaysia di
selatan dan barat.
Sungai Belait mengalir melewati
Belait.
2.) Brunei dan Muara
Brunei–Muara adalah distrik paling
utara (Daerah dalam bahasa
Melayu) di Brunei, adalah yang
terkecil dari Distrik lainnya di
Brunei, tetapi yang paling padat
penduduknya, dengan lebih dari
setengah penduduk negara itu. Ini
adalah distrik yang paling penting
dan ramai karena modal, Bandar
Seri Begawan, yang juga
merupakan ibukota negara
merupakan tempat departemen
departemen pemerintah dan kantor
pusat serta pusat kegiatan bisnis.
Kota besar lainnya di distrik
Brunei-Muara termasuk kota
Muara. Distrik Brunei-Muara
berisi pelabuhan terbesar dan
terdalam di Brunei, Pelabuhan
Muara.
Distrik Brunei-Muara terletak di
timur laut, berbatasan dengan Laut
Cina Selatan di utara, Teluk
Brunei di timur, Limbang,
Sarawak (Malaysia) di selatan dan
distrik Brunei dari Tutong di barat.
3.) Tutong
Tutong ialah salah satu distrik
(daerah) di Brunei Darussalam.
Ibukotanya adalah Tutong. Kota-
kota penting dalam distrik ini adalah
Kuala Abang, Lamunin, Melit,
Penanjong dan Telisai.
Distrik ini berbatasan dengan Laut
China Selatan di utara, Malaysia,
Distrik Brunei dan Muara di
timur dan distrik Belait di barat.
4.) Temburong
Temburong merupakan distrik
tertimur di Brunei Darussalam.
Sebagai sebuah eksklave, Temburong
terpisah dari daerah Brunei
Darussalam lainnya oleh Malaysia
dan Teluk Brunei. Ibukotanya
adalah Bangar. Kota penting lain
dalam distrik ini seperti Labu.
Distrik ini berbatasan dengan Teluk
Brunei di utara dan Malaysia di
barat, selatan, dan timur.
Sungai Temburong mengalir
melewati distrik ini, dan Sungai
Pandaruan membentuk perbatasan
timur dengan Malaysia.
Quote
Mata Uang yang digunakan :
1.)Dollar/Ringgit Brunei
Spoiler for Duit Brunei 😀
Quote:
Ini mata uang utama yang dipake di
negara ini gan , biasanya
pecahannya terdiri dari :
Koin :
Satu sen
Lima sen
Sepuluh sen
Dua puluh sen
Lima puluh sen
Kertas :
Satu Ringgit
Lima Ringgit
Sepuluh Ringgit
Dua puluh Ringgit
Lima puluh Ringgit
Seratus Ringgit
Limaratus Ringgit
Seribu Ringgit
Sepuluh ribu Ringgit
2.) Dollar Singapore
Spoiler for Duit Singapur 😀
Quote:
Ini mata uang kedua yang bisa juga
dipake disini gan tapi beberapa
kedai yang biasanya naro board
‘tidak menerima uang singapore’ ,
dan perlu digarisbawahi , biasanya
juga mereka ga menerima uang
singapore yang udah jelek/robek
karna biasanya bank ga mau nerima
lagi (pengalaman pribadi waktu
nyetor duit )
nah biasanya pecahannya terdiri
dari ;
Koin :
Satu sen
Lima sen
Sepuluh sen
Dua puluh sen
Lima puluh sen
Satu dolar
Kertas :
Dua dolar
Lima dolar
Sepuluh dolar
Dua puluh dolar
Lima puluh dolar
Seratus dolar
Seribu dolar
Sepuluh ribu dolar
Living Cost :
Spoiler for Biaya Hidup
setelah ane googling , ane dapet link
yang akurat (karna ane juga udah
survei selama setahun di brunei
nih gan : Biaya Hidup :
Job Vacancy
Spoiler for Lowongan Pekerjaan
Quote:
ane share dulu beberapa link yang
menurut ane cukup menarik buat
diikuti , bantu ane share juga kalo
misalnya ada lowongan / channel
yang memungkinkan untuk para
kaskuser sekalian
Number 1
Number 2
Number 3
Number 4
Number 5
Emergency Calls
Spoiler for Telepon Darurat
Quote:
Kalo polisi emergency callnya 993.
Kalo 991 buat ambulance terus kalo
pemadam kebakaran 995.
District Ambulance Police Fire
Station
Tutong 221366 221333 221355
Seria 332366 222333 222555
Kuala Belait 323666 332333
332555
Bandar Seri Begawan 222366
222333 380402
Quote
Transportation
1.) Bus
Spoiler for Bis :3
Quote:
hampir semua Bus di Brunei
sama , kecuali Lintas Daerah/
Distrik , setiap Bus biasanya diberi
nomer seperti di Indonesia , dan
masing masing punya jurusan….
ane juga ga begitu sering naik bis
karna offday yang minim , jadi ane
gak begitu apal nomer2nya , tapi
semua Bus pasti berhenti di Bus
Term di Bandar Seri Begawan ,
perhentian sekaligus tempat ngetem
mereka .
Bus disini udah punya route sendiri
di masing2 titik untuk mengambil
penumpang ( ga kaya di Indonesia
bisa ngetem dimana aja ) . Mereka
ontime , karna cuma ngetem di Bus
Term dan ngepick penumpangnya di
Bus Stop .
Biayanya ? Jauh deket 1$
kecuali lintas daerah/distrik yah
gan..
2.) Kereta Sapu
Spoiler for Mobil 😀
Quote:
Disini ga ada yang namanya mobil
gan , mobil disini dipanggilnya kereta
dulu ane kira kereta sapu itu
kereta sampah , padahal itu sebutan
buat user mobil pribadi yang
merangkap jadi supir dadakan
Biasanya mereka ngepick
penumpang di Bus Stop juga ,
cuman ga begitu banyak , kalau
agan2 lagi hoki pasti mereka dengan
senang hati menawarkan jasa antar
mengantar dengan upah yang bisa di
nego , biasanya sama , jauh dekat ,
tetap 1$ kecuali beda distrik/
daerah ya..
3.) TAXI
Spoiler for Taksi :))
Quote:
sejujurnya gan , ane belom pernah
sama sekali ngeliat yang satu ini ,
katanya mereka biasa ngetem di
Airport(Bandara) , tarifnya ane
kurang begitu tahu , tapi menurut
temen2 ane yang udah pernah naik
Taxi , mereka lebih recommend ke
Kereta Sapu / Bus , berarti mahal
yak ???
4.) BOAT
Spoiler for Boat =))
Quote:
kalo agan udah pernah ke Brunei ,
agan mesti coba yang satu ini ,
sensasi naik Boatditiup angin
kenceng sepoy² sangat ane
rekomendasikan buat yang suka
bertualang
Jalur yang ane tau untuk Boat ini
cuma sekitaran Kampung Air ,
Bandar, Kiulap , sama Gadong
untuk tarif kurang lebih sama , jauh
dekat , tetap 1$ tapi ane pernah
minta Boatnya untuk muter2
Kampung Air , kalo ga salah 3$ ,
dan biasanya kalo naik dari Bandar
mau turun di The Mall-Gadong 5$
buat 2 orang , Waktu tempuhnya ?
Sumpah gan 3 menit doang
5.) Helikopter
Spoiler for Helikopter =))
Quote:
percaya nggak , di Brunei juga ada
transportasi Helikopter tapi ane
juga ga tau pasti ini bisa dipake
untuk transportasi atau untuk wisata
aja , karna jujur ane belom pernah
naik
menurut sumber2 ane yang bule2 /
yang wisata2 disini , tarifnya
berkisar antara 50-100$ untuk 3jam
penerbangan , lumayan kalo
sekeluarga kan gan ? boleh patungan
untuk dimana pasti tempatnya , ane
masih nyari2 gan , katanya sih
daerah KB/Seria sana , tapi
begitu ane dapet , pasti ane update
Quote
Communication
menurut agan burghan negara ini
kaya , tapi komunikasi di bikin strict
ane setuju banget nih
ada 2 pilihan komunikasi yang
disediakan di Brunei Darusallam ,
yaitu melalui :
1.) Handphone
Spoiler for Hape coy 😀
untuk penggunaan handphone , ada 2
jenis simcard oleh masing² operator
yang menyediakan sistem pre-paid /
top-up atau yang biasa kita kenal
dengan istilah ‘isi pulsa’
Quote:
DST
Spoiler for DST COMM
seantero Brunei Darusallam
pasti mengetahui simcard DST
ini . Kantor Pusat DST
terletak di ibukota Bandar Seri
Begawan , mereka disini
melayani pembelian simcard ,
registrasi kartu sim , customer
service , dan pembayaran bill .
Jenis simcard di Brunei lebih
dikenal dengan istilah LINE /
STARTERPACK , selain
menjual STARTERPACK ,
DST juga menjual jenis simcard
monthly yang dikenal dengan
nama PRIMA , dan GO!
BROADBAND yang biasa
digunakan khusus untuk
Internet .
Untuk STARTERPACKnya
sendiri , DST membandrolnya
dengan harga $30 plus registrasi
langsung di tempat (penjualan
simcard selain di outlet resmi
DST biasanya berkisar $40-
$50 dan belum teregistrasi) .
Pilihan top-up (isi pulsa) yang
disediakan ialah $5 , $10 , $20 ,
$40 , dan $100 .
Spoiler for BLACKBERRY
USER
nb : untuk para user
Blackberryyang belum bisa
move-on kayak ane , DST jenis
PRIMA menyediakan paket
Blackberry-Service tapi
disarankan untuk berpikir 2x ,
karena agan terpaksa harus
merogoh kocek lebih dalam…
Berapa ? untuk simcardnya
saja , ane menghabiskan $180 ,
dan $60/month , belum termasuk
biaya call , sms , dan internet ,
gimana ? bonyok nggak ?
B-MOBILE
Spoiler for Bmobile
nah untuk yang kehabisan simcard
DST ada pilihan alternatif yaitu
B-MOBILE untuk mendapatkan
simcard ini terbilang cukup mudah ,
agan2 hanya tinggal mencari outlet/
retail handphone yang menyediakan
simcard ini , registrasi pun langsung
dilakukan ditempat dengan catatan
agan harus membawa fotocopy IC/
Passwod dan mengisi langsung form
yang disediakan . Kantor Pusat B-
Mobile terletak di Kampong Beribi ,
Jalan Gadong .
B-Mobile menyediakan 3 jenis
simcard , STARTERPACK ,
ZOOM! BROADBAND dan
POSTPAID/MONTHLY .
Simcard POSTPAID/
MONTHLY hanya bisa didapatkan
di Kantor Pusat / Outlet resmi
B-Mobile . Untuk harga
STARTERPACKnya sendiri ,
B-Mobile pun membandrol dengan
harga $30 dengan pilihan top-up
$5 , $10 , $15 dan $30 sedangkan
untuk ZOOM! BROADBAND
dijual dengan harga $30 juga beserta
top-upnya $4 (1day) , $8 (3day) ,
$20 (9day), dan $35 (18day) unlimited
2.) Phone Box
Spoiler for Telepon Umum
Quote:
telepon umum disini namanya telepon
awam gan , bagi agan2 yang
budgetnya terbatas , outlet/retail hp
di Brunei Darusallam menyediakan
berbagai jenis phone card (kartu
telepon) seperti Budget Call , Global
Card , Simpur , Wave , dll .
tapi yang sering digunakan hanyalah
Budget Call dan Global Card
dengan nominal $3 (20min+), $5
(40min+) dan $10 (60min+) , banyak
customer ane yang bilang kalo Global
Card juga bisa digunakan dengan
Handphone, tapi ane belom tau
gimana caranya , wanna try

Apabila Allah memanggilku
ambilah aku dalam keadaan Khusnul
Khotimah (baik di akhir) dan
sempatkanlah aku mengucapkan
kalimat “LA ILAHA ILLALLAH” ,
Berharap agar berakhir Husnul
Khotimah “Ya Rabbi Pencipta langit
dan bumi, Engkaulah Pelindungku di
dunia dan di akhirat, wafatkanlah aku
dalam keadaan Islam dan
gabungkanlah aku dengan orang-orang
yang shaleh”.{QS. Yusuf (12) :

Iklan

me

image

image

image

Salam satu indonesia

Apabila Allah memanggilku
ambilah aku dalam keadaan Khusnul
Khotimah (baik di akhir) dan
sempatkanlah aku mengucapkan
kalimat “LA ILAHA ILLALLAH” ,
Berharap agar berakhir Husnul
Khotimah “Ya Rabbi Pencipta langit
dan bumi, Engkaulah Pelindungku di
dunia dan di akhirat, wafatkanlah aku
dalam keadaan Islam dan
gabungkanlah aku dengan orang-orang
yang shaleh”.{QS. Yusuf (12) :

Lion Air jatuh di bali

image

Pesawat Lion Air jatuh dekat bandara
Ngurah Rai pada pukul 15.35 Waktu
Indonesia
Tengah, hari ini tanggal 13/04/2013.
demikian dijelaskan sekretaris AP
Farid Indra.
Penumpang sejumlah 101
dinyatakan selamat, termasuk kru
pesawat . Banyak penumpang kedinginan
karena terendam diair laut. Belum
banyak
berita yang bisa diperoleh mengenai
musibah ini.
Semoga saja semua penumpang dan
awak mendapat pertolongan, ditunggu
kabar berita selanjutnya. Penyebab
kecelakaan juga belum diketahui.
demikian berita yang saya kutip dari
detik.com dan foto dari teman di fesbuk

Apabila Allah memanggilku
ambilah aku dalam keadaan Khusnul
Khotimah (baik di akhir) dan
sempatkanlah aku mengucapkan
kalimat “LA ILAHA ILLALLAH” ,
Berharap agar berakhir Husnul
Khotimah “Ya Rabbi Pencipta langit
dan bumi, Engkaulah Pelindungku di
dunia dan di akhirat, wafatkanlah aku
dalam keadaan Islam dan
gabungkanlah aku dengan orang-orang
yang shaleh”.{QS. Yusuf (12) :

✽ JANGAN PERNAH SENGAJA SAKITI HATI SESEORANG

❥Jangan pernah sekali-kali memberi
harapan kepada seseorang..
Jika kita tak bersungguh-sungguh punya
niat untuk memberikannya..
❥ Jangan pernah sekali-kali menjanjikan
sesuatu kepada seseorang..
Jika kita tak yakin mampu untuk
menepatinya..
❥ Dan Jangan pernah sekali-kali
mempermainkan hati seseorang..
Jika kita tak benar-benar
menyayanginya..
❥ Karena cepat ataupun lambat..
Kita pasti akan membuatnya kecewa dan
menyakiti hatinya..
❥ Lebih baik membuat kecewa seseorang
dengan sebuah kejujuran..
Daripada berusaha membahagiakan
seseorang dengan penuh kepura-puraan
dan kebohongan..

Apabila Allah memanggilku
ambilah aku dalam keadaan Khusnul
Khotimah (baik di akhir) dan
sempatkanlah aku mengucapkan
kalimat “LA ILAHA ILLALLAH” ,
Berharap agar berakhir Husnul
Khotimah “Ya Rabbi Pencipta langit
dan bumi, Engkaulah Pelindungku di
dunia dan di akhirat, wafatkanlah aku
dalam keadaan Islam dan
gabungkanlah aku dengan orang-orang
yang shaleh”.{QS. Yusuf (12) :

Sayaaang…putus yuuk

SAYANG , PUTUS
YUUK . . .

Buat komporin aja nih yang belum juga
putus sama “pacar”nya, santai aja lagi
kalo “pacaran” cuma buat seneng-seneng
waduh yang cewek jangan mau coz,
kalian yang dijadikan “objek” untuk
kesenangan para kaum adam, dan para
cowok kaya ga ada “maenan” lain apa?,
ngapain bales dendam karena pernah
disakitin (ga baik loo!). Lagi pula siapa
suruh “pacaran” weeeeeeeeeeee…..
Kalian mau kenal pasangan lebih
“dalam”? Buat apa? Kecocokan?
Bullsh*t semua tuh (mode sensor
on).dalam islam tuh ga ada namanya
pacaran sebelum nikah bahkan ta’aruf
pun ga ada. Jadi putusin aja si doi
deeh, dunia ga bakalan kiamat kok (suer
deh!)
“Mencari jodoh yang baik adalah
senantiasa memeperbaiki
diri hari demi hari. Lalu kita
menjemputnya dari tangan
Allah diiringi senyuman sang
bidadari” (Gw never dies)
Cihui,yassalam, bagus kan? Jadi udah
jelas banget kalo mau dapet jodoh yang
baik yaa tinggal betulin diri kok
“Pasangan kita adalah cerminan diri
kita” (siiip dah). Pacaran adalah
sesuatu yang indah tetapi yang begini
nih yang ngerusak, pacaran sebelum
nikah (uuuggghhhhh). Lihat kebiasaan
orang pacaran telpon-telponan sampai
larut malam (mentang-mentang nelpon
“nyuntik”), bahkan kalo ngobrol bedua’an
aja (ga ada orang di sekitar)
omongannya jadi pada jorok deh (ngaku
aja).
“sayang coba deh kamu kesini sekarang,
nanti aku bukain deh dari
jendela” (Gubrak)
Ngapain malem-malem beduaan di
kamar? Ga mungkin maen PS kan?
Inget kan kata ana sebelumnya “Kucing
kalo dikasih ikan ya ga nolak donk”. Yang
cewek pake baju tanktop celana
BUPATI (tau kan?) yahhh laki-laki
normal sih seneng ngeliatnya (yang
normal loo).
“Sekali rezeki dua kali azab” Inget tuh
kata Rasulullah
Sallallahualaihiwassalam, tapi bukan
berarti lihat sekali ga lepas-lepas tuh
mata ngeliat (saruwa bae bos).
Berpaling kek, nunduk kek, tokek kek
(lho!) yang penting ga lihat lagi deh,
anggap aja yang sekilas rezeki kita
(Gubrak).
Yang ceweknya juga jangan dipamerin
tuh berlian, namanya berlian yaa indah
dan yang pasti mahal, udah tau mahal
masih dilihatin kesembarang orang lagi
(sadar dong say…………….!).
“Katakanlah kepada wanita yang
beriman: “Hendaklah mereka menahan
pandangannya, dan kemaluannya, dan
janganlah mereka menampakkan
perhiasannya, kecuali yang (biasa)
nampak dari padanya. Dan hendaklah
mereka menutupkan kain kudung
kedadanya, dan janganlah menampakkan
perhiasannya kecuali kepada suami
mereka, atau ayah mereka, atau ayah
suami mereka, atau putera-putera
mereka, atau putera-putera suami
mereka, atau saudara-saudara laki-
laki mereka, atau putera-putera
saudara lelaki mereka, atau putera-
putera saudara perempuan mereka, atau
wanita-wanita islam, atau budak-
budak yang mereka miliki, atau
pelayan-pelayan laki-laki yang tidak
mempunyai keinginan (terhadap wanita)
atau anak-anak yang belum mengerti
tentang aurat wanita. Dan janganlah
mereka memukulkan kakinyua agar
diketahui perhiasan yang mereka
sembunyikan. Dan bertaubatlah kamu
sekalian kepada Allah, hai orang-orang
yang beriman supaya kamu
beruntung.” (Q.S.An-Nur:31)
Tuh jelas banget tata cara berpakaian
untuk kalian para wanita dan lihat kata
terakhirnya “supaya kamu beruntung”,
Pencipta kita loooh yang ngomong jadi
kalo para wanita ga nurutin kaya diatas
berarti sial, contoh : digodain sama
cowok (Inget! Kucing……..), mata
orang jelalatan ngeliatin (Risih ga sih?)
dan penderitaannya lagi diperkaos
(ngertikan?) abis itu dibunuh (ihhh
serem)belum selesai tuh penderitaannya
di kubur pasti disiksa (seyem banget) dan
lengkap deh masuk neraka (hiks).
Inget kawan neraka tuh suuuangat
panas walaupun di musin salju
sekalipun. Anggap ga dibunuh siap
nanggung aib seumur hidup, 7 turunan 8
tanjakan 2 belokan (lho)?.Yang cowoknya
juga jangan seneng dulu merasa kebela
(wajar kita kan sejenis
), jaga pandangan kalian dan yang
penting sadarkan orang rumah kalian
soal ini, pasti punya ibu kan atau
saudara perempuan.
Sadarkan dulu orang rumah kita agar
taat, apalagi kalian punya “kekuasaan”
sebagai laki-laki dan kakak dirumah
( guee banget tuuuh), “paksa” adik kalian
buat pake hijab, berbicaralah yang
ma’ruf dengan ibu kalian dan lakukan
terus-menerus walaupun mereka bosan
dan gerah, lakukan terus.
Jadi kembali lagi kepada sang pacar
(:D) Sayang, kita putus! Kalian pasti
siap dan bisa cayoooooo….
KALIAN PASTI SIAP DAN
BISA !
Buat para cewek rugi pacaran emang
siapa dia berani pegang tangan kamu,
cium kamu dan “pegang-pegang” kamu,
bisa natapin wajah indah kamu ,
ndengerin suara indah kamu, kamu tuh
mahal,jangan gara-gara diajak nonton
sama makan aja udah luluh (huuuuuu).
Yang cowok juga ngabisin duit aja sih
bahkan sampe berlutut “mengemis”cinta
kemana harga diri looooo(malu kang).
Jomblo bukan aib, jomblo juga bukan
penyakit dan jangan takut dibilang homo
gara-gara ga pacaran (hiks). Jomblo
tuh trend, jomblo tuh bebas dan jomblo
tuh normal lagipula “jomblo bukan berarti
ga laku”.Pulsa kita jadi hemat, waktu
tidur kita lebih banyak (kantong mata tuh
dah gede).
Khusus buat para cowok, memang kalau
sudah ketagihan pacaran apalagi udah
level 10 wah susah banget, minta ampun
susahnya tapi buktinya banyak orang
yang bisa, berarti kalian juga pasti bisa.
Ciuman enak? Enak, Memeluk enak?
Enak, Meraba-raba(gelap bang?)
menggubrak anaknya
orang..huhu,naudzubillah, semua itu bisa
kita “hilangkan” sementara sampai kita
siap untuk kewajibannya (jangan mau
enaknya doank).
“Tiga kunci kebahagiaan seorang laki-
laki: Isteri shalihah yang dipandang
membuat semakin sayang, jika kamu
pergi membuatmu merasa aman kerena
bisa menjaga kehormatan dirinya dan
hartamu. Kendaraan yang baik yang
bisa mengantar kemanapun pergi. Dan,
rumah yang lapang, damai, penuh kasih
sayang…”(HR Abu Dawud)
Dan masalah mendapatkan ketiganya
sepertinya sudah jelas deh, untuk
mendapatkan yang pertama inget kata
ane yang diatas dan masalah yang kedua
juga udah di jawab kok
“Dan Katakanlah: “Bekerjalah kamu,
maka Allah dan Rasul-Nya serta
orang-orang mukmin akan melihat
pekerjaanmu itu, dan kamu akan
dikembalikan kepada (Allah) Yang
Mengetahui akan yang ghaib dan yang
nyata, lalu diberitakan-Nya kepada
kamu apa yang telah kamu
kerjakan.”(QS At-Taubah:105)
Tuntas deh kejawab semuanya, Tinggal
Kalian yang belum putusin si doi
saatnya PUTUS! Jangan takut Allah
beserta kalian! Jadilah orang-orang
yang beruntung dengan mengikuti
MUTLAK kata-kata Allah subhanahu
wa ta’ala dan Rasulnya. SAYANG
HARI INI KITA PUTUS, KU
HARAP KAU MENGERTI !
(PASTI BISA)
Kelanjutan tulisan sebelumnya
“SAYANG,PUTUS YUUK” buat
motivasi aja kok tapi yang bener-bener
udah putus looo, kalo belum,
uuuggghhh…. Malu dong maksiyat kok
seneng, enak sih enak tapi mau tobat
gak?
Buat kamu yang sudah putus, selamat
kita sudah mengurangi dosa harian kita
(hehehe). Apapun alas an kita untuk
“pacaran” Cuma coba-coba, semangat
belajar, biar ada yang memperhatikan
ataupun cari pasangan buat nikah. Itu
semua Cuma alasan yang dibuat-buat
doank (bullsh*t).
Udah donk nangisnya ( dimata sih emang
ga keliatan tapi di hati udah banjir
tuuh).Tapi itulah pilihan yang terbaik
untuk kita kalau belum siap nikah. Cinta
luas kok ga selebar daun kelor (huuu
basi). Mau menyalurkan cinta itu ga
harus pacaran kok, salah satunya nih
bentuk cinta ana buat antum (cieee).
Buat ikhwan tunjukkan kecintaan kalian
kepada akhwat dengan selalu
mengingatkan para akhwat tentang hijab
contohnya, begitu pula dengan akhwat,
tunjukkan kecintaan kalian kepada
ikhwan dengan mengingatkan bagaimana
menjadi pemimpin contoh. Tapi! (pake
tapi loo) jangan secara private (emang
lagi les). Bahaya atuh kang, neng, entar
salah sangka lagi.
Ga usah ragu sama Allah
Subhanawata’ala, walaupun dosa kita
segunung percayalah kalau maaf Allah
itu seluas lautan, bertobatlah dengan
menjadi salah satu barisan para
pengemban dakwah dan cinta –Nya
diantara orang-orang beriman.
Jangan dengarkan cemoohan orang,
mereka hanya bisa “berkoar” doank kok,
teguhlah walaupun orang terdekat kita
selalu menyindir dan menghina, yakinlah
bahwa Allah bersama kita (suit, suit).
“Yee ilah lu kan juga pernah pacaran,
sekarang mau dakwah anti pacaran”.
Ayolah baru digituin temen udah ciut
nyalinya, masak dengan kalimat orang
yang ga ngerti iman kita jadi futur? Ga
banget kali.
Anjing menggong-gong, kafilah berlalu.
Maka jadilah kafilah yang tidak
menghiraukan gong-gongongan para
…….. (antum yang jawab ya, bukan ana)
JADILAH MILITAN
Jangan kaya ngeliat setan gitu donk,
ketakutan ! Militan itu adalah julukan
orang sangat berpegang teguh terhadap
sesuatu, berarti jadilah muslim militan,
muslim yang berpegang teguh dengan
islam. Jadi jangan takut kalo dibilang
militan dan yakinlah terhadap islam.
Teroris, apakah takut dicap teroris?
Ga usa takut dibilang teroris soalnya
teroris itu , sekelompok orang yang
membuat teror,dan kita bukan termasuk
salah satunya . buktikan kalo islam itu
adalah agama yang berasaskan cinta ,
cintailah Allah , Rasulallah ,
Keluargamu dan saudara2 mu seiman
dan juga kepada seluruh makhluk hidup,
jadilah islam sejati ! ,karena muslim
sejati dengan pendirian yang teguh ,
akan ditakuti musuh
Kita akan membuat diri kita yang
apabila nama kita disebut didepan orang
kafir dan orang munafik yang memang
menyerang islam, maka takutlah mereka,
ciut nyali mereka seperti mereka
melihat malikat pencabut nyawa (serem).
Mereka takut karena pendirian kita
yang teguh dan keukeuh terhadap islam
dan hati kita yang mantap untuk terus
membela agama Allah SWT.
LAA TAHZAN
Niru banget gak sih? (nyontek dikit
GPP kan). Mulai sekarang berhentilah
menangisi hal tidak penting (gak
penting!), mulai sekarang teguhkan hati
kita, azzamkan dan mantapkan diri kita
lalu katakan dengan kepala tegak kepada
cinta dan para budaknya
“Wahai cinta dan para budaknya,
wahai para pengagum Layla Majnun,
Romeo Juliet dan Rama Shinta
saksikanlah kami para pejuang cinta.
Kami menjadikan cinta sebagai makmum
dan kami imamnya, saksikanlah kami
para pemuda yang terlepas dari
penyakit cinta dan terbebas dari berhala
cinta karena Allah-lah cinta kami.”
Katakanlah dengan lantang dan
buktikanlah dengan perbuatan, tunjukkan
kepada pengkhianat cinta apa arti dari
cinta sejati, kita yang selalu
memurnikan cinta kita.
Yaa Allah jadikan kami pejuang cinta-
Mu
Untuk mengalahkan semua pemfitnah
cinta.
Teguhkanlah langkah kami di jalan-Mu
Murnikan cinta kami sehingga cinta dan
diri ini hanya untuk-Mu.
“Yang mereka cintai sesungguhnya
adalah Allah, adalah kebenaran, adalah
misi hidup mereka. Bukan orang atau
benda atau bentuk apapun. Manusia
hanya medan karya tempat cinta
mengejawantah. Maka Allah memberi
mereka kelezatan demi kelezatan setiap
kali cinta itu mengejawantah”. (M.Anis
Matta)
“Diantara orang-orang mukmin itu ada
orang-orang yang menepati apa yang
telah mereka janjikan kepada Allah;
maka diantara mereka ada yang gugur.
Dan diantara mereka ada pula yang
menunggu dan mereka sedikitpun tidak
mengubah janjinya” (QS.Al-Ahzab:23)
Jadilah orang yang “Diantara” oaring-
orang mukmin yang telah berjanji kepada
Allah, yang telah menjual dirinya
kepada Allah. Allahu Akbar…

Apabila Allah memanggilku
ambilah aku dalam keadaan Khusnul
Khotimah (baik di akhir) dan
sempatkanlah aku mengucapkan
kalimat “LA ILAHA ILLALLAH” ,
Berharap agar berakhir Husnul
Khotimah “Ya Rabbi Pencipta langit
dan bumi, Engkaulah Pelindungku di
dunia dan di akhirat, wafatkanlah aku
dalam keadaan Islam dan
gabungkanlah aku dengan orang-orang
yang shaleh”.{QS. Yusuf (12) :

CIRI KHAS WAHABI SALAFI YANG PERLU DI INGAT SEBAGAI ANTISIPASI JANGAN SAMPAI KELUARGA ANDA KELUAR DARI AL JAMA`AH ( ASWAJA )

Dan ingat
Rasulullah shallallah alayhi wa aalihi wa
sallam bersabda,” Barangsiapa yang
memisahkan diri dari jamaaah ( Khilafah
Islam ), maka ia mati sebagaimana
bangkai jahiliyyah “ ( H.R. Muslim ).
“Sesungguhnya Allah tidak menghimpun
ummatku diatas kesesatan. Dan tangan
Allah bersama jama’ah (ahlussunnah wal
jama`ah). Barangsiapa yang
menyelewengkan, maka ia menyeleweng
ke neraka“. (HR. Tirmidzi: 2168).
“Barangsiapa yang menolak sunnahku
maka bukan dari golonganku” (Shahih
Bukhari).
Oleh Von Edison Alouisci
1. Membagi Tauhid menjadi 3 bagian
yaitu:
(a). Tauhid Rububiyyah: Dengan tauhid
ini, mereka mengatakan bahwa kaum
musyrik Mekah dan orang-orang kafir
juga mempunyai tauhid.
(b). Tauhid Uluhiyyah: Dengan tauhid
ini, mereka menafikan tauhid umat Islam
yang bertawassul, beristigathah dan
bertabarruk sedangkan ketiga-tiga
perkara tersebut diterima oleh jumhur
ulama‟ Islam khasnya ulama‟ empat
Imam madzhab.
(c.) Tauhid Asma’ dan Sifat: Tauhid
versi mereka ini bisa menjerumuskan
umat islam ke lembah tashbih dan tajsim
kepada Alloh Subhanahu wa Ta’ala
seperti:
Menterjemahkan istiwa’ sebagai
bersemayam/bersila.
Merterjemahkan yad sebagai tangan
Menterjemahkan wajh sebagai muka
Menisbahkan jihah (arah) kepada Allah
(arah atas – jihah ulya)
Menterjemah janb sebagai lambung/rusuk
Menterjemah nuzul sebagai turun dengan
dzat
Menterjemah saq sebagai betis
Menterjemah ashabi’ sebagai jari-jari, dll
Menyatakan bahawa Allah SWT
mempunyai “surah” atau rupa
Menambah bi dzatihi haqiqatan [dengan
dzat secara hakikat] di akhir setiap
ayat-ayat mutashabihat
2. Memahami ayat-ayat mutashabihat
secara zhahir tanpa penjelasan terperinci
dari ulama-ulama yang mu’tabar
3. Menolak asy-Sya’irah dan al-
Maturidiyah yang merupakan ulama’
Islam dalam perkara Aqidah yang diikuti
mayoritas umat islam
4. Sering mengkrititik asy-Sya’irah
bahkan sehingga mengkafirkan asy-
Sya’irah.
5. Menyamakan asy-Sya’irah dengan
Mu’tazilah dan Jahmiyyah atau
Mu’aththilah dalam perkara
mutashabihat.
6. Menolak dan menganggap tauhid sifat
20 sebagai satu konsep yang
bersumberkanfalsafah Yunani dan Greek.
7. Berlindung dibalik mazhab Salaf tapi
ajarannya inkar salaf
8. Golongan mereka ini dikenal sebagai
al-Hasyawiyyah, al-Musyabbihah, al-
Mujassimah akidah jisim menyamakn
Allah seperti makhluk,punya
tangan,punya kaki.bisa duduk,punya
arah,punya tempat tinggal dll..
9. Sering menuduh bahwa Abu Hasan
Al-Asy’ari telah kembali ke mazhab
Salaf versi mereka
10. Menolak ta’wil dalam bab
Mutashabihat.
11. Sering menuduh bahwa mayoritas
umat Islam telah jatuh kepada perbuatan
syirik.
12. Menuduh bahwa amalan memuliakan
Rasulullah Shollallohu ‘alaihi wa sallam
[membaca maulid dll] membawa kepada
perbuatan syirik.
13. Tidak mengambil pelajaran sejarah
para anbiya’, ulama’ dan sholihin dengan
dalih menghindari syirik.
14. Pemahaman yang salah tentang
makna syirik, sehingga mudah
menghukumi orang sebagai pelaku syirik.
15. Menolak tawassul, tabarruk dan
istighathah dengan para anbiya’ serta
sholihin.
16. Mengganggap tawassul, tabarruk dan
istighathah sebagai cabang-cabang syirik.
17. Memandang remeh karamah para
wali [auliya’].
18. Menyatakan bahwa ibu bapa dan
datuk Rasulullah Shollallohu ‘alaihi wa
sallam tidak selamat dari adzab api
neraka.
19. Mengharamkan mengucap
“radhiallahu ‘anha” untuk ibu Rosulullah
Shollallohu ‘alaihi wa sallam,
Sayyidatuna Aminah.
SIKAP
1. Sering membid’ahkan amalan umat
Islam bahkan sampai ke tahap
mengkafirkan
mereka.
2. Mengganggap diri sebagai mujtahid
atau berlagak sepertinya (walaupun tidak
layak).
3. Sering mengambil hukum secara
langsung dari al-Qur’an dan hadits
(walaupun tidak layak).
4. Sering memtertawakan dan
meremehkan ulama’ pondok dan golongan
agama yang lain.
5. Ayat-ayat al-Qur’an dan Hadits
yang ditujukan kepada orang kafir sering
ditafsir ke atas orang Islam.
6. Memaksa orang lain berpegang dengan
pendapat mereka walaupun pendapat itu
syaz (janggal).
HADITS
1. Menolak beramal dengan hadis dho’if.
2. Penilaian hadits yang tidak sama
dengan penilaian ulama’ hadits yang lain.
3. Mengagungkan Nasiruddin al-Albani
di dalam bidang ini [walaupun beliau
tidak
mempunyai sanad bagi menyatakan
siapakah guru-guru beliau dalam bidang
hadits.
[Bahkan mayoritas muslim mengetahui
bahwa beliau tidak mempunyai guru
dalam bidang hadits dan diketahui
bahawa beliau belajar hadits secara
sendiri dan ilmu jarh dan ta’dil beliau
adalah mengikut Imam al-Dhahabi].
4. Sering menganggap hadits dho’if
sebagai hadits mawdhu’ [mereka
mengumpulkan hadits dho’if dan palsu di
dalam satu kitab atau bab seolah-olah
kedua-dua kategori hadits tersebut
adalah sama]
5. Pembahasan hanya kepada sanad dan
matan hadits, dan bukan pada makna
hadits. Oleh karena itu, pebedaan
pemahaman ulama’ [syawahid]
dikesampingkan.
QUR’AN
1. Menganggap tajwid sebagai ilmu yang
menyusahkan dan tidak perlu (Sebagian
Wahabi indonesia yang jahil)
FIQH
1. Menolak mengikuti madzhab imam-
imam yang empat; pada hakikatnya
mereka bermadzhab “TANPA
MADZHAB”
2. Mencampuradukkan amalan empat
mazhab dan pendapat-pendapat lain
sehingga membawa kepada talfiq
[mengambil yang disukai] haram
3. Memandang amalan bertaqlid sebagai
bid’ah; mereka mengklaim dirinya
berittiba’
4. Sering mengungkit dan
mempermasalahkan soal-soal khilafiyyah
5. Sering menggunakan dakwaan ijma’
ulama dalam masalah khilafiyyah
6. Menganggap apa yang mereka
amalkan adalah sunnah dan pendapat
pihak lain adalah Bid’ah
7. Sering menuduh orang yang
bermadzhab sebagai ta’assub [fanatik]
mazhab
8. Salah faham makna bid‟ah yang
menyebabkan mereka mudah
membid‟ahkan orang lain
9. Mempromosikan madzhab fiqh baru
yang dinamakan sebagai Fiqh al-
Taysir, Fiqh al-Dalil, Fiqh Musoffa,
dll [yang jelas keluar daripada fiqh empat
mazhab]
10. Sering mewar-warkan agar hukum
ahkam fiqh dipermudahkan dengan
menggunakan hadis “Yassiru wa la
tu’assiru, farrihu wa la tunaffiru”
11. Sering mengatakan bahwa fiqh empat
madzhab telah ketinggalan zaman
NAJIS
1. Sebagian mereka sering
mempermasalahkan dalil akan kedudukan
babi sebagai najis mughallazhah
2. Menyatakan bahwa bulu babi itu tidak
najis karena tidak ada darah yang
mengalir.
WUDHU’
1. Tidak menerima konsep air musta’mal
2. Bersentuhan lelaki dan perempuan
tidak membatalkan wudhu’
3. Membasuh kedua belah telinga dengan
air basuhan rambut dan tidak dengan air
yang baru.
ADZAN
1. Adzan Juma’at sekali; adzan kedua
ditolak
SHALAT
1. Mempromosikan “Sifat Shalat Nabi
Shollallohu ‘alaihi wa sallam‟, dengan
alasan kononnya shalat berdasarkan fiqh
madzhab adalah bukan sifat shalat Nabi
yang benar
2. Menganggap melafazhkan kalimat
“usholli” sebagai bid’ah.
3. Berdiri dengan kedua kaki
mengangkang.
4. Tidak membaca “Basmalah‟ secara
jahar.
5. Menggangkat tangan sewaktu takbir
sejajar bahu atau di depan dada.
6. Meletakkan tangan di atas dada
sewaktu qiyam.
7. Menganggap perbedaan antara lelaki
dan perempuan dalam shalat sebagai
perkara bid‟ah (sebagian Wahabiyyah
Indonesia yang jahil).
8. Menganggap qunut Subuh sebagai
bid’ah.
9. Menggangap penambahan “wa
bihamdihi” pada tasbih ruku’ dan sujud
adalah bid’ah.
10. Menganggap mengusap muka selepas
shalat sebagai bid’ah.
11. Shalat tarawih hanya 8 rakaat;
mereka juga mengatakan shalat tarawih
itu
sebenarnya adalah shalat malam
(shalatul-lail) seperti pada malam-malam
lainnya
12. Dzikir jahr di antara rakaat-rakaat
shalat tarawih dianggap bid’ah.
13. Tidak ada qadha’ bagi shalat yang
sengaja ditinggalkan.
14. Menganggap amalan bersalaman
selepas shalat adalah bid’ah.
15. Menggangap lafazh sayyidina (taswid)
dalam shalat sebagai bid’ah.
16. Menggerak-gerakkan jari sewaktu
tasyahud awal dan akhir.
17. Boleh jama’ dan qashar walaupun
kurang dari dua marhalah.
18. Memakai sarung atau celana setengah
betis untuk menghindari isbal.
19. Menolak shalat sunnat qabliyyah
sebelum Juma’at
20. Menjama’ shalat sepanjang semester
pengajian, karena mereka berada di
landasan Fisabilillah
DO’A, DZIKIR DAN BACAAN
AL-QUR’AN
1. Menggangap do’a berjama’ah selepas
shalat sebagai bid’ah.
2. Menganggap dzikir dan wirid
berjama’ah sebagai bid’ah.
3. Mengatakan bahwa membaca
“Sodaqallahul ‘azhim” selepas bacaan al-
Qur’an adalah Bid’ah.
4. Menyatakan bahwa do’a, dzikir dan
shalawat yang tidak ada dalam al-
Qur’an dan Hadits sebagai bid’ah.
Sebagai contoh mereka menolak Dala’il
al-Khairat, Shalawat al-Syifa‟, al-
Munjiyah, al-Fatih, Nur al-Anwar,
al-Taj, dll.
5. Menganggap amalan bacaan Yasin
pada malam Jum’at sebagai bid’ah yang
haram.
6. Mengatakan bahwa sedekah atau
pahala tidak sampai kepada orang yang
telah wafat.
7. Mengganggap penggunaan tasbih
adalah bid’ah.
8. Mengganggap zikir dengan bilangan
tertentu seperti 1000 (seribu), 10,000
(sepuluh ribu), dll sebagai bid’ah.
9. Menolak amalan ruqiyyah syar’iyah
dalam pengobatan Islam seperti wafa‟,
azimat, dll.
10. Menolak dzikir isim mufrad: Allah
Allah.
11. Melihat bacaan Yasin pada malam
nisfu Sya’ban sebagai bid’ah yang haram.
12. Sering menafikan dan
memperselisihkan keistimewaan bulan
Rajab dan Sya’ban.
13. Sering mengkritik keutamaan malam
Nisfu Sya’ban.
14. Mengangkat tangan sewaktu berdoa’
adalah bid’ah.
15. Mempermasalahkan kedudukan shalat
sunat tasbih.
PENGURUSAN JENAZAH
DAN KUBUR
1. Menganggap amalan menziarahi
maqam Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa
sallam, para anbiya’, awliya’, ulama’ dan
sholihin sebagai bid’ah dan shalat tidak
boleh dijama’ atau qasar dalam ziarah
seperti ini.
2. Mengharamkan wanita menziarahi
kubur.
3. Menganggap talqin sebagai bid’ah.
4. Mengganggap amalan tahlil dan
bacaan Yasin bagi kenduri arwah sebagai
bid’ah yang haram.
5. Tidak membaca do’a selepas shalat
jenazah.
6. Sebagian ulama’ mereka menyeru
agar Maqam Rasulullah Shallallahu
‘alaihi wa sallam dikeluarkan dari masjid
nabawi atas alasan menjauhkan umat
Islam dari syirik
7. Menganggap kubur yang bersebelahan
dengan masjid adalah bid’ah yang haram
8. Do’a dan bacaan al-Quran di
perkuburan dianggap sebagai bid’ah.
MUNAKAHAT [PERNIKAHAN]
1. Talak tiga (3) dalam satu majlis adalah
talak satu (1)
MAJLIS SAMBUTAN
BERAMAI-RAMAI
1. Menolak peringatan Maulid Nabi;
bahkan menyamakan sambutan Mawlid
Nabi dengan perayaan kristen bagi Nabi
Isa as.
2. Menolak amalan marhaban para habaib
3. Menolak amalan barzanji.
4. Berdiri ketika bacaan maulid adalah
bid’ah
5. Menolak peringatan Isra’ Mi’raj, dll.
6. Menghalalkan Khaul pada ulamanya
sendiri
HAJI DAN UMRAH
1. Mencoba untuk memindahkan “Maqam
Ibrahim as.” namun usaha tersebut telah
digagalkan oleh al-Marhum Sheikh
Mutawalli Sha’rawi saat beliau
menemuhi Raja Faisal ketika itu.
2. Menghilangkan tanda telaga zam-zam
3. Mengubah tempat sa’i di antara Sofa
dan Marwah yang mendapat tentangan
ulama’ Islam dari seluruh dunia
PEMBELAJARAN DAN
PENGAJARAN
1. Maraknya para professional yang
bertitle LC menjadi “ustadz-ustadz‟
mereka (di Indonesia)
2. Ulama-ulama yang sering menjadi
rujukan mereka adalah:
a. Ibnu Taymiyyah al-Harrani
b. Ibnu Qayyim al-Jauziyyah
c. Muhammad bin Abdul Wahhab
d. Sheihk Abdul Aziz bin Baz
e. Nasiruddin al-Albani
f. Sheikh Sholeh al-Utsaimin
g. Sheikh Sholeh al-Fawzan
h. Adz-Dzahabi dll.
3. Sering mendakwahkan untuk kembali
kepada al-Qura’an dan Hadits (tanpa
menyebut para ulama’, sedangkan al-
Qura’n dan Hadits sampai kepada umat
Islam melalui para ulama’ dan para
ulama’ juga lah yang memelihara dan
menjabarkan kandungan al-Qur’an dan
Hadits untuk umat ini)
4. Sering mengkritik Imam al-Ghazali
dan kitab “Ihya’ Ulumuddin”
PENGKHIANATAN MEREKA
KEPADA UMAT ISLAM
1. Bersekutu dengan Inggris dalam
menjatuhkan kerajaan Islam Turki
Utsmaniyyah
2. Melakukan perubahan kepada kitab-
kitab ulama’ yang tidak sehaluan dengan
mereka
3. Banyak ulama’ dan umat Islam
dibunuh sewaktu kebangkitan mereka di
timur tengah
4. Memusnahkan sebagian besar
peninggalan sejarah Islam seperti tempat
lahir Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa
sallam, meratakan maqam al-Baqi’ dan
al-Ma’la [makam para isteri Rasulullah
Shallallahu ‘alaihi wa sallam di Baqi’,
Madinah dan Ma’la, Mekah], tempat
lahir Sayyiduna Abu Bakar dll, dengan
hujjah tempat tersebut bisa membawa
kepada syirik.
5. Di Indonesia, sebagian mereka dalu
dikenali sebagai Kaum Muda atau
Mudah [karena hukum fiqh mereka yang
mudah, ia merupakan bentuk ketaatan
bercampur dengan kehendak hawa nafsu].
TASAWWUF DAN THARIQAT
1. Sering mengkritik aliran Sufisme dan
kitab-kitab sufi yang mu’tabar
2. Sufiyyah dianggap sebagai kesamaan
dengan ajaran Budha dan Nasrani
3. Tidak dapat membedakan antara
amalan sufi yang benar dan amalan
bathiniyyah yang sesat.
Wallahu a’lam bish-Showab wal hadi ila
sabilil haq.
LAIN LAIN
1.gerakan-gerakan atau organisasi Islam
yang di luar Wahabi Salafi atau yang
tidak segaris dengan manhaj (aturan
standar) Wahabi akan mendapat label
syirik, kufur atau bid’ah.
2.Semua lulusan universitas Arab Saudi
dan afiliasinya adalah kader Wahabi
Salafi. Sampai terbukti sebaliknya.
3.Pengikut/aktivis sangat menghormati
ulama-ulama mereka dan selalu
menyebut para ulama Wahabi dengan
awalan Syekh dan kadang diakhiri
dengan rahimahu-Llah atau
hafidzahulLah. Seperti, Syeikh
Utsaimn, Syeikh Bin Baz, dll. Tapi,
menyebut ulama-ulama lain cukup dengan
memanggil namanya saja.
4.Ulama Wahabi Salafi utama (kecuali
Nashiruddin Albani yang asli Albania)
mayoritas berasal dari Arab Saudi dan
bertempat tinggal di Arab Saudi. Oleh
karena itu, mereka umumnya memakai
baju tradisional khas Arab Saudi yaitu
(a) gamis/jubah warna putih (b) surban
merah (c) surban putih (d) maslah yaitu
jubah luar tanpa kancing warna hitam
atau coklat yang biasa dipakai raja.
Lihat baju luar yang dipakai Abdul
Wahab dan Al-Utsaimin.
5.Dalam memberi fatwa, tokoh utama
ulama Wahabi Salafi akan mengutip
ayat dan hadits yang mendukung. Atau,
kalau mengutip fatwa ulama, mereka
akan cenderung mengutip fatwa dari Ibnu
Taimiyah atau Ibnul Qayyim.
Selanjutnya, mereka akan membuat
fatwa sendiri yang kemudian akan
menjadi dalil para pengikut Wahabi.
Dengan kata lain, pengikut Wahabi
hanya mau bertaklid buta pada ulama
Wahabi.
6.Tokoh atau ulama Wahabi Salafi level
kedua ke bawah akan cenderung
menjadikan fatwa tokoh Salafi level
pertama sebagai salah satu rujukan
utama. Atau kalau tidak, akan memberi
fatwa yang segaris dengan ulama
Wahabi level pertama.
7. Kalangan ulama atau tokoh Wahabi
Salafi tidak suka atau sangat jarang
mengutip pendapat ulama salaf seperti
ulama madzhab yang empat dan yang
lain. Hanya pendapat Ibnu Taimiyah
dan Ibnul Qayyim yang sering dikutip
untuk pendapat ulama di atasnya
Muhammad ibnu Abdil Wahhab.
8. Di mata ulama Wahabi, perayaan
keislaman yang boleh dilakukan hanyalah
hari raya idul fitri dan idul adha.
Sedangkan perayaan yang lain seperti
maulid Nabi Muhammad, peringatan
Isra’ Mi’raj dan perayaan tahun baru
Islam dianggap haram dan bid’ah.
9.Lihat, perhatikan, dan terus waspada…
sebagian orang Wahabi enggan memakai
nama Wahabi, tapi mereka lebih memilih
nama-nama yang yang “wah” untuk
mengelabui orang-orang awam; seperti
“Salafi”, “Salafiyah”, “Anshar as
Sunnah”, “Anshar at Tauhid”, “Jama’ah
at Takfir Wa al Hijrah”, “Jam’iyyah an
Nur Wa al Iman”, “al Jama’ah al
Islamiyyah”, dan lain-lain. Bahkan
sekolah-sekolah yang mereka dirikan
seringkali memakai nama-nama para
sahabat terkemuka, atau para Imam
Madzhab; seperti “Utsman bin Affan”,
“Umar bin Khattab”, “Imam Syafi’i”,
dan lainnya. Waspadalah…!!!.

Apabila Allah memanggilku
ambilah aku dalam keadaan Khusnul
Khotimah (baik di akhir) dan
sempatkanlah aku mengucapkan
kalimat “LA ILAHA ILLALLAH” ,
Berharap agar berakhir Husnul
Khotimah “Ya Rabbi Pencipta langit
dan bumi, Engkaulah Pelindungku di
dunia dan di akhirat, wafatkanlah aku
dalam keadaan Islam dan
gabungkanlah aku dengan orang-orang
yang shaleh”.{QS. Yusuf (12) :

FIQIH MENURUT AJARAN SALAFY WAHHABI ADALAH SYIRIK

MENITI JALAN ULAMA SALAFUSHSHALEH..! BUKAN MENITI JALAN ULAMA NEO SALAF.BERSAMA SUWUK ASWAJA MEMBONGKAR KEPLIN-PLANAN FAHAM AJARAN NEO SALAF..!!WASPADALAH TERHADAP AJARAN FAHAM-FAHAM SEMPALAN..!!

Bismillah…

Saya Cuma berusaha menampilkan bukti yang valid dan akurat dengan menggunakan sumber primer dari kalangan wahabi atau manhaj salaf palsu sendiri.Sekarang kita nukil ucapan seorang ulama dari kalangan wahabi ; Abdurrahman bin Muhammad bin Qasim al-‘Ashimi yang merangkum fatwa-fatwa dan pendapat-pendapat syaikhnya yaitu Muhammad bin Abdul Wahhab
dan para ulama wahabi lainnya yang diberi judul AD-DURAR AS-SANIYYAH ; MAJMU’AH RASAAIL WA MASAAIL ‘ULAMA NAJD AL-A’LAM min ‘ashri syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab ila ‘ashrina hadza (Mutiara berharga; Kumpulan surat dan persoalan ulama najd yang alim sejak masa Muhammad bin Abdul wahhab sampai masa sekarang ini).

Berikut salah satu redaksi kitab tersebut yang menukil ucapan syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab :

اتخذوا أحبارهم ورهبانهم أرباباً من دون الله) فقال: فسرها رسول الله والأئمة من بعده بهذا الذي تسمونه الفقه وهو الذي سماه الله شركاً واتخاذهم ارباباً لا اعلم بين المفسرين خلافاً في ذلك

“ Ayat ; ” Mereka menjadikan orang-orang…

Lihat pos aslinya 186 kata lagi